Rabu, 04 Juli 2012

Pentingnya karantina bagi untulan

Ayam untulan difungsikan sebagai sparing partner bagi ayam yang disiapkan untuk laga. maka untulan bukanlah ayam jelek, melainkan ayam bagus dengan tehnik yang bagus hanya saja tidak mempunyai pukulan mematikan sehingga tidak mencederai sparingnya secara fatal.
karena itu perawatan untulan pun hampir sama seperti merawat ayam yang disiapkan untuk laga. ayam untulan juga mendapat vaksinasi dan vitamin untuk menjaga kondisinya. untulan juga diberi asupan gizi yang memadai meski tidak sebagus asupan gizi untuk ayam yang disiapkan untuk laga. tidak jarang ayam untulan dari hari kehari kemampuannya terus meningkat, malah akhirnya untulan yang dilagakan di sebuah kompetisi.
untuk perawatan ayam untulan bila ayam itu baru saja dibeli atau menyewa dari jasa untulan, sebaiknya dikarantina dulu 2-3 hariditempat terpisah. ayam tersebut dimandikan,diberi makan yang cukup, dan diberi vitamin. "vitaminyang biasa saya berikan adalah supraVit. diberikan setiap hari sebelum makan.setelah 2-3 hari bisa dilihat ayam itu sehat apa sakit. kalau sehat langsung bisa disparingkan dengan ayam kita.
karantina adalah cara paling efektif untuk menghindari tersebarnya penyakit kepada ayam yang sehat. sebab kalau sudah terserang penyakit virus bisa berkembang dengan cepat dan mematukan. untuk itu lebih baik menjaga daripada mengobati.
selain tindakan preventif tersebut, setiap 3 bulan sekali diberikan vaksinasi. vaksinasi berfungsi menjaga ayam dari ancaman virus. pada dasarnya perawatan ayam laga yang paling utama adalah rutinitas sehari-hari. untuk pakan bisa diberi campuran beras merah dan jagung. takarannya 50:50 disesuaikan dengan bobot ayam agar tidak kegemukan.
kalau dikasih makan gabah saja kasihan, vitaminnya sedikit. selain diberi makan seperti biasa, ayam kita juga perlu ekstra fooding. salah satunya dengan memberikan jamu jamuan yang terdiri dari 10-15 butir telur, beras kencur 1/4 botol, tonikum 1/4 botol dam madu 1/4 botol.
biasanya jamu dengan takaran seperti itu diberikan untuk 20 yam yang akan disiapkan untuk laga. masing masing ayam akan mendapatkan 30ml, fungsinya untuk menjaga stamina supaya ayam tetap bugar.

1 komentar:

  1. [img]https://i.imgur.com/HtFVJoS.jpg[/img]

    Deposit bandarq online kini sudah semakin mudah dengan menggunakan Ovopay dan Go-Pay. Semakin mudah, praktis, aman, cepat, dan tanpa jam offline seperti bank lokal indonesia.

    Situs bandarq teraman dan terpercaya
    -BONUS REFERRAL 15%
    -BONUS CASHBACK TUROVER ( SETIAP HARI )
    -NO ROBOT,NO ADMIN
    -Proses Deposit dan Withdraw Dengan Cepat
    -Dilayani Operator Yang Ramah Dan Profesional

    Info Lebih Lanjut Hubungi :
    WA: 0812.2222.996
    BBM : PKRVITA1 (HURUF BESAR)
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BandarQ Online POKERVITA SITUS BANDARQ ONLINE TERBAIK

    BOLAVITASPORTS PREDIKSI SKOR TERPERCAYA DAN TERAKURAT

    JADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014

    BalasHapus