Minggu, 08 Juli 2012

Ayam shamo jepang tetap andalkan trah thailand

Kata "shamo" barasal dari kata "siam" nama lain untuk thailand. dan dari sumber yang lain menyebutkan bahwa kata shamo adalah bahasa jepang yang berarti "tempur". ayam itu diimpor dari thailand di abad 16 dan 17.
shamo terkenal karena kualitas bertarungnya. setelah melakukan proses pembiakan selama bertahun tahun, maka shamo yang sekarang sangatlah berbeda dari nenek moyangnya. shamo kali ini memberi kesan elegan dan sangat impresif.
ada banyak strain shamo di jepang dan nama shamo telah diberikan kepada banyak jenis ayam laga. o-shamo untuk ukuran terbesar dan chu-shamo untuk ukuran sedang. keduanya dianggap hasil seleksi dari jenis yang sama. dikelas bantam ada ko-shamo dan nanking shamo, kualitasnya tidak dibawah versi shamo lainnya. jenis ini dianggap keturunan terpisah dan masuk kategori yang lebih besar yang meliputi yamato gunkei dan chibi. 
dijepang ada sedikit perbedaan dalam hal berat badan ayam, karena kondisi iklim yang berbeda.berat seekor ayam jantan berkisar 5,6 kg sedang betina 4,8 kg. banyak peternak mengacu pada nama-nama seperti suzuki shamo, koyama shamo, seto shamo dan teramoto shamo. ini bukan tipe yang berbeda, melainkan hanya nama-nama peternak shamo yang terkenal (train). menurut sumber sumber dijepang, hanya ada o-shamo dan chu-shamo (menengah shamo). o-shamo adalah ayam laga jepang bertaji tumpul. ayam ini berkembang baik dengan mengambungkan ukuran, berat, kecepatan, kekuatan, stamina dan daya tahan.
dijepang pertarungan ayam laga dibagi menjadi 2 kelompok, "buchidori"(atau semidori) dan "ukedori". buchidori memiliki leher yang kuat dan cepat. dia mengalahkan lawannya dengan cepat, tapi tehnik bertahannya lemah.sedangkan ukedori mempunyai daya tahan yang baik, pandai menghindari serangan lawan dan menyerang ketika lawan sudah lelah.
adapun ciri-ciri ayam shamo :
penampilan, o shamo dan chu-shamo memiliki sikap tegakdengan bahu yang kuat dan menonjol kedepan. bulunya kaku bertangkai panjang dan kuat. paruh melengkung kuat pendek sampai menengah panjang. kepala besar, bulat dan tebal. mata ayam jantan muda antara orange cerah sampe merah ke kuningan, tapi pada usia 2-3 tahun warna matanya sangat pucat.
warna variabel mulai dari warna ekstrim hitam dan merah hitam berpola. 
perkembangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar