Kamis, 05 Juli 2012

Pengembalian stamina pasca perjalanan jauh

Mendapatkan ayam yang baru datang rasanya gatal sekali untuk langsung mencobanya, padahal bisa berakibat fatal bagi ayam kita, karena ayam dalam kondisi kecapean.  sebaikknya ayam sehabis perjalanan jauh dan baru pindah kandang harus dilakukan perawatan secara intensif sehingga staminanya kembali, setelah kondisinya benar-benar fit baru bisa kita coba abar.
untuk mempercepat pengembalian stamina, sebaiknya begitu ayam datang langsung diistirahatkan, cukup dikasih makan dan minum. dan pola makannya sebaiknya jangan langsung dirubah dari pola makan pemiliknya terdahulu.
untuk mengembalikan kondisinya diberi vitamin, suplemen seperti supravit, banner dan jamu tradisional, diberikan secara bergantian pagi dan sore. itu diberikan apabila ayam bener-benar dalam kondisi tidak sakit. tetapi jika kondisinya sakit bisa diberikan penanganan khusus atau pengobatan sesuai kebutuhan.
3-4 hari kemudian bisa diberikan obat cacing, lantas ayam diberi vaksin, biasa suntik ataupun tetes, diberikan sesuai aturan. pemberian vaksin sebaiknya dilakukan apabila ayam benar-benar dalam kondisi fit. "jangan coba-coba memberi vaksin pada ayam yang kondisinya kurang sehat, bisa-bisa ayam malah mati.
setelah semua dilakukan, ayam mulai dirawat dan diberi latihan, hingga kondisinya benar-benar siap untuk menghadapi lawan, baru ayam dicoba atau dilatih bertarung. latihan bertanding juga diberikan secara bertahapsesuai dengan kemampuan fisik dan nafasnya, jangan memaksakan fisik ayam untuk terus bertempur.
setiap habis latihan berat, pengembalian kondisi ayam juga harus dilakukan kembali, agar kondisi ayam tetap sehat tidak ngedrop. porsi latihan harus seimbang dengan makanan dan suplemen yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar