Minggu, 01 Juli 2012

Cara Mudah Menggelar Kontes Non Judi

Kontes ayam laga non judi kini semakin ramai digelar, bahkan di daerah DKI Jakarta setiap bulan bisa diadakan kontes lebih dari satu kali, namun di beberapa daerah masih kesulitan, gimana caranya?                 
mengadakan kontes ayam laga sebenernya tidaklah sulit karena sama dengan menggelar acara kontes hobi lainnya, hanya saja karena ada pro kontra dimasyarakat  sehingga pihak kepolisian mempertimbangkan pengeluaran izin dan melihat kultur daerah tersebut, tapi kuncinya memang dipendekatan.
Arif Witarsa anggota Intelpam Polda Jatim menyarankan, untuk menggelar kontes tidaklah terlalu sulit, asal prosedur yang ada dilalui dengan benar dan dilakukan pendekatan ke semua pihak, termasuk kekepoliasian dan tokoh tokoh masyarakat. asal kulturnya memungkinkan dan bisa menjamin tidak ada perjudian , saya kira pihak kepolisian akan mengeluarkan ijin.
      ijin kegiatan(keramain) cukuplah sederhana, ada pihak/lembaga yang mengajukan ijin atau penanggung jawab, dengan melampirkan proposal yang didalamnya ada keterangan maksud dan tujuan,peserta,pelaksanaan dan sekup kegiatan serta lampiran ijin lokasi dari pemilik tempat yang akan digunakan.
       Pengajuan ijin harus sesuai sekupnya, jika hanya tingkat kecamatan cukup ke polsek, kalau lingkupnya kabupaten ke polres, kalau tingkat propinsi ke polda, dan kalau tingkat nasional ke mabes polri. untuk memperkuat pengajuan, bisa ditambahkan rekomendasi dari dinas terernakan dan pariwisata atau lembaga swadaya masyarakat yang diperlukan.
        kultur jadi pertimbangan utama karena jika tidak memungkinkan untuk digelarnya acara kontes, tentu pihak kepolisian tidak akan mengeluarkan ijin. secara umum lingkungan yang memungkinkan untuk menggelar kontes ayam petarung adalah jauh dari pemukiman warga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar